Kuliah: Beasiswa atau Bantuan Keuangan?

By | Mei 20, 2018
Beasiswa

Beasiswa

Berapa biaya untuk pendidikan perguruan tinggi?

Apakah ada skema pembiayaan yang tersedia?

Mari hadapi kenyataan. Pendidikan tinggi mahal! Banyak orang tua melakukan pengambilan ganda ketika anak-anak mereka sedang mempersiapkan dan menantikan untuk menghadiri community college atau universitas negeri.

Ada banyak hal yang terdiri dari biaya pendidikan perguruan tinggi dan biaya sekolah hanyalah bagian dari gambaran besar masuk ke perguruan tinggi. Pengeluaran sehari-hari lainnya termasuk makanan, transportasi, perumahan, uang saku, dan biaya lain-lain yang ketika ditambahkan dapat membuat porsi yang signifikan dalam membiayai pendidikan perguruan tinggi.

Banyak keluarga di zaman sekarang ini, bahkan jika mereka termasuk masyarakat kelas atas, berpikir untuk mengajukan permohonan bantuan keuangan. Hibah perguruan tinggi dan beasiswa adalah jenis bantuan keuangan yang paling baik.

Program hibah dan beasiswa tidak mengharuskan siswa atau keluarga untuk membayar kembali. Ini dapat berupa dua jenis: (1) berdasarkan kebutuhan, yang diberikan karena ketidakmampuan keuangan siswa dan keluarga secara keseluruhan, dan (2) berdasarkan prestasi, bakat siswa seperti dalam olahraga, adalah pertimbangan utama. Kemampuan akademik siswa juga termasuk dalam hibah dan beasiswa kuliah merit-base.

Seringkali, hibah dan beasiswa perguruan tinggi menggabungkan kriteria kelayakan dan kebutuhan untuk mempermudah proses bantuan keuangan secara keseluruhan. Banyak siswa dan keluarga mereka yang mencari bantuan keuangan semacam ini. Namun, hibah perguruan tinggi dan beasiswa terbatas dibandingkan dengan jumlah siswa yang terus bertambah dari tahun ke tahun.

Siswa yang memenuhi syarat dapat memanfaatkan federal dan sejumlah program beasiswa negara. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Federal atau National Pell Grants – ini adalah program yang didanai secara nasional yang ditujukan untuk memberikan bantuan kepada setiap pelajar yang memenuhi syarat untuk belajar di sekolah menengah. Hibah dan beasiswa semacam ini diberikan kepada mereka yang belum menyelesaikan gelar sarjana muda.

Nilai hibah dapat bervariasi dari tahun ke tahun dan akan sangat bergantung pada kebutuhan keuangan siswa, biaya yang akan dikeluarkan saat menghadiri universitas atau perguruan tinggi yang dipilih, dan ketersediaan dana dari pemerintah nasional.

Jenis hibah ini akan membuka peluang bagi para siswa untuk memanfaatkan bantuan finansial dari pemerintah nasional.

Federal Supplemental Educational Opportunity Grant (FSEOG) – ini adalah program untuk mahasiswa sarjana yang sedang berlangsung dengan kebutuhan moneter yang luar biasa. Namun, tidak semua siswa dapat memanfaatkan jenis hibah ini. Ini akan tergantung pada kelayakan siswa dan ketersediaan keuangan sekolah yang bersangkutan.

Bentuk bantuan keuangan lain yang dapat dilakukan oleh siswa dan keluarga adalah melalui pinjaman. Jenis bantuan keuangan ini harus dibayar kembali. Kebutuhan keuangan keluarga harus dipertimbangkan secara menyeluruh untuk menghindari membayar suku bunga yang tinggi.

Ini juga merupakan suatu keharusan untuk memahami semua ketentuan lembaga pemberi pinjaman seperti jadwal pembayaran dan tingkat bunga, sebelum masuk atau membuat komitmen.

Studi kerja adalah bentuk bantuan keuangan yang meminta siswa untuk melakukan kerja untuk mempertahankan pendidikan perguruan tinggi mereka. Studi kerja umumnya dilakukan di kampus dan merupakan bentuk bantuan keuangan yang paling khas di semua universitas dan perguruan tinggi. Biasanya, para siswa akan memberikan layanan ke sekolah selama sepuluh hingga lima belas jam per minggu.

Beasiswa, hibah dan bentuk bantuan keuangan lainnya untuk memperoleh pendidikan tinggi benar-benar beraneka ragam, membingungkan pada waktu tertentu, dan bahkan menjengkelkan. Hal yang baik adalah pendidikan tinggi adalah jenis investasi yang tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat terurai. Ini untuk masa depan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *